Thursday, July 3, 2014

Income report dari google play store

Setelah mencoba rilis beberapa aplikasi di play store akhirnya 3 bulan terakhir ini rutin mendapatkan kiriman dari admob melalui akun paypal saya. Tidak banyak memang tapi sudah untung. Berikut ini adalah screenshot dari earning saya 3 bulan terakhir ini yang saya dapat dari rilis aplikasi di playstore.

earning admob


Kalau di total sebesar $177.97 dan yang terbesar adalah pada bulan ke-6 yaitu sebesar $108.58. Bulan tersebut cukup besar jika di bandingkan dengan 2 bulan lainnya karena di bulan tersebut saya sempat rilis 1 aplikasi yang perharinya bisa dapat sekitar $4-$6. Tapi sayangnya aplikasi tersebut hanya bertahan beberapa minggu dan kemudian kena suspend. Total aplikasi sampai bulan terakhir (juni) ada sekitar 25 aplikasi dengan perhari mendapat earning sekitar $0.8-$2.


Earning sebesar itu sebenarnya sudah sesuai dengan planning awal saya. Di awal saya planning tiap aplikasi bisa mendapatkan earning $1 per bulan. Kecil sekali targetnya? iya memang kecil, tapi saya planinng membuat ratusan aplikasi atau bahkan ribuan aplikasi kecil yang bisa mendapatkan earning $1/bulan. Semua berjalan sesuai planning awal. Namun sayang, setelah 3 bulan ternyata akun google play saya kena suspend. memang saya sempat sekitar 3 kali mendapatkan peringatan pada beberapa aplikasi saya yang namanya melanggar aturan copyright. Setelah warning ke empat ternyata akun google play langsung kena suspend.


earning google play


Anda bisa melihat sebearnya earning hampir 70% lebih berasal dari satu aplikasi saja. Yang mana aplikasi tersebut adalah aplikasi yang kena suspend setelah beberapa minggu rilis.


Tapi untungnya saya coba bikin lagi dengan alamat email yang berbeda menggunakan kartu kredit yang sama masih bisa dengan mudah membuat akun google play yang baru. Dan saat ini di akun tersebut sudah saya upload 3 aplikasi yang sebenarnya adalah aplikasi yang sama dengan aplikasi di akun google play saya yang lama. Tentu saja saya harus rename dulu package nya supaya berbeda dengan akun lama.


Margin keuntungan sampai bulan ini:


- biaya 2 x registrasi google play = $25 * 2 = $50
- keuntungan: $177.97 - $50 = $127.97 (masih sangat kecil untuk bisa jalan-jalan hehe...)


Belajar dari kesalahan di akun lama, saya tidak bisa lagi menggunakan trik bikin aplikasi sebanyak-banyaknya. Di akun lama saya sudah punya template aplikasi yang bisa saya buat menjadi aplikasi berbeda hanya dengan mengganti judulnya saja dan bisa selesai dalam waktu kurang dari 10 menit. Untuk itulah saya bisa membuat planinng spamming aplikasi. Namun di akun baru ini sepertinya trik itu tidak bisa saya pakai lagi. Mungkin harus bikin aplikasi yang benar-benar berkualitas dan mengesampingkan quantitas.


Mungkin ada di antara para pembaca yang punya ide?

No comments:

Post a Comment