Thursday, February 16, 2017

kwfinder vs ahrefs vs semrush, tool mana yang paling akurat?


Iseng-iseng saja mau menganalisa tool seo mana yang memberikan metric CPC paling akurat antara kwfinder, ahrefs, dan semrush. Sebelumnya sudah pernah saya bahas ya dari ketiga tool ini yang memberikan nilai perkiraan keyword difficulty paling akurat silahkan lihat di postingan sebelumnya. Sekarang yang kita bahas CPC nya.


saya coba pakai 4 keyword untuk menganalisa, berikut datanya:

kw                                                   kwfinder    ahrefs        semrush        gkp
sofa finance online                         $3.69           -                0                   $3.6
sofas on finance                              -                  -                 -                   -
beds on finance                              $6.19           -                $14.26          $6.18
beds on finance no credit check     -                  $14           $6.61             -

dari 4 keyword di atas bisa terlihat cpc yang paling mendekati gkp (google keyword planner) punyanya kwfinder.

Masih belum yakin? coba aja ambil 20 atau 100 keyword buat dianalisa.

[update: 1 maret 2017]
Ini saya update lagi lebih lengkap tidak hanya cpc tapi juga search volume dan ads competitionya


Dari accuracy score bisa terlihat ya kwfinder pemenangnya 100% akurat, sedangkan ahref hanya 25% karena untuk metric competition ahrefs tidak punya data. Untuk semrush lumayan akurat di search volume dan competiotionya tapi di data CPC tidak akurat.

Perbandingan di atas kalau dilihat dari cpc, search volume, dan ads competition ya bukan yang lain seperti backlink, dll. Kalau untuk keyword difficulty score mana yang paling akurat intronya sudah pernah saya singgung di postingan target & plan 2017 ya langsung jump aja ke scetion tanggal [kamis, 23 januari 2017], lanjut ke section [jumat, 3 februari 2017 6:50AM] silahkan dibaca dulu itu intronya biar nyambung dengan tulisan yang di bawah nanti.

Algoritma KD (Keyword Difficulty Score) Semrush, Ahrefs, kwFinder

PENTING: Baca dulu link di atas ya supaya bisa memahami bagian yang ini

Untuk kwfinder dalam menentukan keyword difficulty mengambil parameter dari moz metric yang mana moz metric ini memperhitungkan kualitas backlink profile baik dari url page maupun root domain (Domain Authority, Page Authority, MozRank, MozTrust factor).

beberapa yang tidak diperhitungkan social signal, allintitle, dll

masih lebih baik dibanding ahrefs yang hanya memperhitungkan jumlah backlink root domain saja tanpa menganalisa kualitasnya

Kalau dilihat dari algoritma penentuan KD sih, kwFinder yang paling tepat menurut saya. Tapi kita  coba saja cari tahu pakai data ya. berikut hasilnya:


Terlihat ahrefs dan kwFinder yang akurat, sedangkan semrush ngaco banget. Untuk kw prediction di atas saya pakai data dari authority hacker yang juga sudah meng-compare beberapa tool riset keyword memakai kw di atas.

Nah dari sini bisa anda jadikan acuan mau pake tool mana. Juga bisa anda simpulkan misal ada tool riset keyword baru yang mengambil API dari salah satu tool di atas apakah tool yang baru itu akurat atau tidak. Misal ada tool riset keyword baru namanya toolKW ambil API dari semrush untuk data CPC nya maka kemungkinan besar tidak terlalu akurat. Apalagi kalau pakai API nya ahrefs sudah bisa dipastikan tool tersebut tidak akurat untuk data CPC nya.

[kamis, 9 maret 2017 5:00AM]
Setelah saya share ke facebook ternyata ada beberapa yang penasaran dengan ezkeyword. Termasuk saya sebenarnya juga penasaran sih, sayangnya belum ada toolnya. Nah, kebetulan kemarin saya lihat om mastah riqo zi share 20 keyword hasil risetnya. Saya perkirakan sih untuk nilai cpc, volume, dan competitionnya beliau ambil dari ezkeyword. Masih saya tanyakan ke yang bersangkutan apakah ambil dari ezkeyword atau dari tool lainnya. Semoga beliaunya ada waktu buat bales PM saya. Sambil nunggu balesan saya asumsikan saja beliau ambil dari ezkeyword ya.. dan inilah hasil komparasinya antara ezkeyword vs kwfinder, mana yang lebih akurat?

kelihatan gak tulisanya? kalau gak kelihatan bisa PM saya nanti saya kasih excelnya (kalau belum kehapus ya :) )

catatan:
  1. selisih cpc lebih dari atau sama dengan 0.5 dianggap tidak akurat
  2. competition ezkeyword lebih dari atau sama dengan 60 masuk ke high, 59 ke bawah masuk medium
  3. competition kwfinder lebih dari atau sama dengan 65 masuk ke high, 64 ke bawah masuk mediun
Kalau dilihat dari metric volume, cpc, dan competition bisa terlihat ya kwfinder lebih akurat. Kalau dirata-rata dari 3 metric itu didapatkan hasil kurang lebih ezkeyword 73.33%, dan kwfinder 90%.

Kalau dilihat lagi ke tanggal 1 maret di atas, nilai dari ezkeyword mendekati dengan score accuracy semrush ya 66.7%.

Kalau untuk keyword difficulty-nya gimana? akurat mana ezkeyword dengan kwfinder? 

Nah, ini yang sulit karena tidak ada patokan yang pasti. Berbeda dengan cpc misalnya patokanya relatif pasti dari gkp (google keyword planner)

* update 6:27AM

Sudah dapat konfirmasi dari on riqo zi, untuk nilai cpc, vol, competition ternyata beliau ambil dari semrush. Untuk ezkeyword nya beliau hanya pakai untuk cari score keyword difficulty-nya.

Jadi hasil perbandingan di atas belum valid ya, meskipun katanya sih ezkeyword ambil data 3 metric tersebut juga dari semrush tapi gak afdol kalau data kompmarasinya belum dari ezkeyword langsung.

Ada yang punya ezkeyword mau coba generate-in keyword-keyword di atas untuk nilai cpc, vol, dan competitionnya aja? biar lebih valid hasilnya. 

No comments:

Post a Comment