Friday, April 8, 2016

Apakah pengertian web hosting?

sudahkah anda tahu apa pengertian dari web hosting? saya yakin sudah banyak yang tahu hal ini, namun tidak menutup kemungkinan bagi anda yang baru belajar belum tahu apa itu web hosting. artikel singkat berikut ini akan menjelaskan secara mendasar pengertian web hosting.

tentu anda semua tahu apa itu website bukan? facebook, twitter, kaskus, dll. itu adalah contoh beberapa website yang populer. setiap website mempunyai data-data yang disimpan dalam database atau file. nah, tempat untuk menyimpan file itulah yang sering kita sebut hosting. sedangkan nama kaskus.us, google.com atau facebook.com itu adalah domain name (nama domain). komputer yang digunakan untuk hosting sendiri pun sebenarnya tidak jauh berbeda dengan komputer yang kita pakai pada umumnya. bahkan kita bisa membuat hosting sendiri pada komputer lokal (akan kita bahas nanti di postingan selanjutnya). namun untuk hosting skala besar, tentu saja membutuhkan komputer dengan kecepatan dan kapasitas yang jauh lebih besar dari personal komputer yang sering kita pakai.
ibarat sebuah rumah maka alamat rumah itu adalah domain name sedangkan rumahnya sendiri adalah hosting.
hosting sendiri ada yang gratis dan ada pula yang berbayar sampai jutaan rupiah perbulannya. contoh dari layanan hosting gratis adalah seperti blogspot, wordpress, .cc, 000webhost, doteasy, dll. sedangkan contoh tuntuk hosting berbayar misalnya jogja host (hosting indonesia), hostgatorhawkhost, dll. semua mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan akan kita bahas lebih mendetail tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing web hosting di atas pada postingan-postingan selanjutnya.
itulah tadi sekilas tentang pengertian dari web hosting, semoga bisa dimengerti.
jika bermanfaat silahkan like postingan ini melalui tombol social media di bawah ini. terima kasih.

No comments:

Post a Comment