Friday, April 8, 2016

Cara Remote SSH Ke Server Hosting Namecheap

Berawal dari client India yang memesan jasa saya untuk pindahan hosting 6 website dia ke hosting baru di namecheap. Sebenarnya ini pertama kalinya saya berhubungan dengan hosting namecheap, sebelumnya belum pernah. Setelah login ke cpanel saya lihat namecheap memberikan fitur untuk remote hosting menggunakan fasilitas ssh. Tentu saja saya akan lebih mudah dan cepat pindah hostingnya jika bisa SSH, karena dengan menggunakan SSH saya bisa transfer file dari hosting lama ke hosting baru dengan perintah wget tanpa harus download dulu file di hosting lama kemudian upload ke hosting baru. Cara kuno seperti itu akan sangat memakan waktu mengingat filenya sekitar 2,5G, selain memakan waktu tentu saja memakan bandwidth.

Akhirnya saya coba remote server dengan menggunakan SSH dengan perintah seperti ini:
#ssh username@hosting
biasanya kalau menggunakan hostgator perintah tersebut bisa, tapi kali ini tidak. Agak bingung juga kenapa, setelah dicari-cari ternyata namecheap untuk ssh dia menggunakan port yang tidak biasa yaitu port 21098. Selain menggunakan port yang berbeda namecheap secara default tidak meng-enable fitur ssh ini jadi client harus submit ticket dulu untuk meng-enable kan fitur ssh.
Setelah subit tiket nanti akan ditanyai untuk apa kok pingin di enable fitur ssh nya? aneh kan, fitur yang memang sudah kita bayar kok pakai ditanya mau buat apa fiturnya hehe.. alasan mereka sih karena kurang secure jika ssh di enable. Jika anda ditanya seperti itu jawab saja untuk transfer file dari hosting lama ke hosting baru server to server.
Setelah fitur ssh di enable, sekarang coba login dengan perintah seperti ini:
#ssh -p 21098 username@hosting
taraaaa... sekarang sudah berhasil login ke hosting namecheap menggunakan remote ssh.
Oh ya untuk nama hosting namecheap (server name) bisa anda dapatkan dengan cara login ke cpanel namecheap kemudian pilih "account information" di situ anda akan mendapatkan ip address server anda. Gunakan ip address tersebut untuk login ssh, jadi perintahnya adalah seperti ini ssh username@ip_address
Selamat mencoba remote hosting namecheap menggunakan ssh. Bagi yang ingin pindahan hosting dan butuh jasa pindah hosting silahkan menggunakan jasa saya di sini.

No comments:

Post a Comment